Sabtu, 26 Oktober 2013

APLIKASI HUKUM NEWTON DALAM KEHIDUPAN SEHARI-HARI ”



“ APLIKASI HUKUM NEWTON DALAM KEHIDUPAN SEHARI-HARI ”




OLEH
Nama         : Luh komang ayu ratnawati
No              : 19
Kelas          : X1


SMAN 1 SEMARAPURA

HUKUM 1 NEWTON

1.Benda diam yang ditaruh di meja tidak akan jatuh kecuali ada gaya luar yang bekerja pada benda itu.
2.Penumpang akan serasa terdorong kedepan saat mobil yang bergerak cepat direm mendadak.
3.Ayunan bandul sederhana ( gerak harmonik sederhana ).
4.Pena  yang berada di atas kertas di meja akan tetap disana ketika kertas ditarik secara cepat.
6.Saat kita salah memasang taplak padahal makanan sudah di taruh di atasnya.Ketika kita tarik taplak tersebut lurus dan cepat, makanan tidak akan bergeser.
7.Pemakaian roda gila pada mesin mobil
8. Membangun jembatan kereta, jalan layang,terowongan, bendungan, jembatan kabel bentang panjang, viaduct, menara transmisi,gedung bertingkat, konstruksi kabel, stabilitas lereng, daya dukung fondasi bangunan,analisis getaran lantai jembatan, perilaku bangunan tinggi dalam merespon gempa/angin,perencanaan kapasitas balok dan kolom beton, kapasitas leleh struktur baja dan lain-lain,semua itu rumus utamanya cuma satu, “jumlah gaya (momen gaya) harus sama dengan nol”.







HUKUM 2 NEWTON
1. Bus  yang melaju dijalan raya akan mendapatkan percepatan yang sebanding dengan gaya dan berbading terbalik dengan massa bus tersebut.
2. Pada system kerja lift juga terdapat gaya, untuk lift yang diam atau bergerak dengan kecepatan tetap maka gaya normal (N) akan sama dengan gaya tarik bumi (mg).Tetapi,untuk lift yang sedang bergerak,gaya tekan akan sama dengan gaya normal,dan tidak sama gaya tarik bumi (mg).
3.Permainan Kelereng. Kelereng yang kecil saat dimainkan akan lebih cepat menggelinding, sedangkan kelereng yang lebih besar relatif lebih lama  (percepatan berbanding terbalik dengan massanya). 
4. Benda massanya kecil diberi gaya yang sama dengan benda yang massanya
besar mengalami percepatan yang lebih besar dibandingkan benda yang massanya besar karena percepatan berbanding lurus dengan resultan gaya.
6. Menggeser barang pada bidang miring.                                                                                 
8.Gaya yang ditimbulkan ketika kita menarik gerobag yang penuh dengan  padi,untuk dipindahkan kerumah dari sawah.
9.Gaya juga terjadi pada system pengambilan air dari sumur,yang menggunakan katrol,yaitu katrol dihubungkan dengan tali dan ember untuk menampung air,biasanya system ini di pakai di pedesaan
10. Pada saat memakai sabuk sehingga ketika  tersentak ke depan, ada gaya penahan dari sabuk melakukan perlambatan pada gerak kita ke depan dan tubuh kita tertahan.



HUKUM 3 NEWTON
1.saat kita menekan papan tulis (aksi) maka papan tulis memberikan reaksi , bila
aksi lebih besar dari pada reaksi.                                                                                                 2.
Roket menyemburkan gas panas ke bawah (aksi). Gas panas mendorong roket vertikal ke atas.
3.Kita dapat berjalan karena ada gaya aksi reaksi. Saat mendorong lantai ke belakang (aksi). Lantai mendorong kita ke depan (reaksi).
4.Kita mendorong mobil mogok
5. Peristiwa gaya magnet.                                                                                                            6.Gaya listrik.        
7.seorang anak memakai skate-board dan berdiri mengahadap tembok. Jika anak tersebut mendorong tembok(Faksi), maka tembok akan mendorong tangan  dengan besar gaya yang sama tetapi berlawanan (Freaksi)sehingga anak tersebut terdorong ke belakang.                                 
9.Saat palu besi memukul ujung paku berarti palu mengerjakan gaya pada ujung paku(Faksi) maka paku akan memberikan gaya pada palu(Freaksi)
10.Ketika kaki atlit renang menolak dinding tembok kolam renang(Faksi) maka tembok kolam renang kan mengerjakan gaya pada kaki perenang(Freaksi) sehingga perenang terdorong ke depan
11. Pada senapan ,peluru mendorong senapan kebelakang(aksi). sebagai reaksi, senapan mendorong peluru kedepan sehingga senapan akan terdorong kebelakang. jika senapan ditahan oleh petembak maka petembak akan merasakan dorongan senapan.
12. Mobil bertubrukkan mengalami gaya aksi dan reaksi yang sama,
namun percepatan yang berbeda tergantung massanya
13.Ketapel






Tidak ada komentar:

Posting Komentar